Laman

Gigi Insisivus Pertama Permanen Bawah



Gambar 1.1  Letak Insisivus Pertama Permanen Bawah
            Gigi insisivus pertama bawah adalah gigi pertama di rahang bawah, kanan atau kiri garis tengah. Pada umumnya, gigi ini adalah gigi yang paling kecil dalam lingkung gigi. Lebar koronanya sedikit lebih besar dari setengah ukuran mesio distal insisivus pertama atas, tetapi lebar labip-lingualnya hanya bih kecil 1mm. Perbaikan tidak mudah pada gigi ini, tetapi untungnya, gigi ini jarang sekali perlu diperbaiki. Akarnya satu, sempit mesio-distal, panjang akarnya hamper sama dengan insisivus pertama atas, dan apeksnya bengkok ke distal.
gambar 1.2  Pandangan Labial, Lingual, Incisal, Mesial, dan Distal Gigi Insisivus Sentral Permanen Bawah Kanan

  • Pandangan Labial
Permukaan ini rata sekali dan sederhana gl nya, meruncing dari sudut mesio/disto-insisal ke apeks akar. Edge insisalnya lurus, sudut mesio-insisal tajam dan sudut disto-insisal bulat.
Karena bentuknya, gigi ini berkontak dengan gigi sebelahnya erat sekali dengan edge insisal sehingga bila edge ini aus karena pemakaian, maka sudut mesio-insisal dan daerah kontak  menjadi satu dengan sedikit atau tidak ada ruang embrasure. Gl akar akan tersusun gl korona, dengan bagian sepertiga apical yang meruncing dan bengkok ke distal pada daerah apeks.
  • Pandangan Lingual
Gl-nya kebalikan dari permukaan labial, hanya garis servikal lingual terletak ± ½ mm lebih ke arah apikal, sehingga permukaan ini lebih panjang ½ mm.
  • Pandangan Mesial
Gl labial dari crest labial ke edge insisal hamper lurus. Gl lingual dari titik pertemuan korona dan akar cembung, cekung, cembung, sehingga korona terlihat langsing pada bagian sepertiga tengah dan bagian sepertiga insisal.
Edge bundar dan terletak lingual dari poros gigi, hal ini merupakan perbedaan antara gigi ini dengan gigi depan atas, kecuali hawk bill incisor.
Garis servikal melengkung ke insisal, ± 1/3 panjang korona. Gl akar pada bagian sepertiga servikal dan tengah dari servikal ke bawah lurus. Sedang pada bagian sepertiga apikal, gl meruncing ke bawah dengan apeks yang bundar pada poros gigi.
  • Pandanga Distal
Gl nya kebalikan gl mesial, hanya garis servikal tidak melengkung ke insisal, yaitu 1 mm lebih pendek.
  • Pandangan Insisal
Permukaan ini simetris; gl mesial sama dengan gl distal. Edge insisal tegak lurus dengan garis yang membagi korona labio-lingual.
Cara Menggambar Gigi Incisivus Pertama Permanen Bawah Kanan

2 komentar:

  1. arti mamelon itu sebenarnya apa dalam dunia kedokteran gigi?

    BalasHapus
  2. Mamelon : tonjolan yang terdapat pada edge insisal dari gigi insisivus yang baru tumbuh /erupsi atau pada edge insisal dari gigi yang belum pernah digunakan untuk mengunyah.

    BalasHapus