Laman

Permukaan Labial Gigi Incisivus Tetap Pertama Rahang Atas




1.1.Kronologi
Gigi incisivus tetap pertama atas mengalami kalsifikasi awal pada 3 sampai 4 bulan setelah bayi dilahirkan. Lalu mahkota lengkap mulai berkembang pada umur 4 sampai 5 tahun. Erupsi gigi ini akan terjadi pada umur 7 sampai 8 tahun. Akar lengkapnya pada umur 10 tahun.

1.2.Struktur Umum
1.2.1.      Korona
Korona gigi incisivus pertama bentuknya seperti sekop; square/tapering/ovoid. Panjangnya sama atau lebih besar daripada gigi depan lainnya, kecuali gigi kaninus bawah. Lebar mesio-distal pada serviksnya dan pada titik kontak lebih besar, sehingga permukaan labialnya lebih luas daripada gigi depan laninnya.
1.2.2.      Akar
Akar gigi incisivus pertama berbetnuk tunggal meruncing, dengan potongan melintang berbentuk segitiga membulat dan salah sati permukaan yang agak datar menghadap ke labial.

1.3.Bidang- bidang Permukaannya
1.3.1.      Labial
Garis luar servikal merupakan semi ellipse, melengkung 2 mm. garis ini menunjukkan pertemuan antara akar dan korona. Garis luar mesial sedikit cembung dengan titik kontak mesial terletak 1/8 panjang korona dari edge insisal. Sudut mesio-insisal hamper siku-siku. Garis luar distal berbentuk kurve, dengan titik kontak distal terletak ¼ panjang korona dari edge insisal. Sudut distal-insisal bulat.

Wow(309).jpg
Gambar 1.1. Permukaan Labial Gigi  Incisivus Tetap Pertama Rahang Atas

1.3.2.      Palatal
Permukaan palatal mahkota berbentuk cekung, kecuali cingulum cembung yang menonjol, dengan ‘marginal ridge’ mesial dan distal bersatu dengan ini, yang meluas ke tepi insisal, meliputi bagian cekung mahkota yang disebut fossa linguale.

Wow(310).jpg
Gambar 1.2. Permukaan Palatal Gigi Incisivus Tetap Pertama Rahang Atas

1.3.3.      Mesial
Pandangan mesial menunjukkan bahwa gigi I1 atas ini adalah alat unutk menggigit karena berbetnuk baji, dengan ukuran yang terbesar pada crest labial dan palatal, lalu mengecil ke edge insisal. Crest labial dan palatal terletak sekitar 2 mm dari serviks
Wow(311).jpg
Gambar  1.3. Permukaan Mesial Gigi Incisivus Tetap Pertama Rahang Atas


1.3.4.      Distal
Servika gigi I1 melengkung ke edge insisal 2,5 mm.
Wow(312).jpg
Gambar 1.4.  Permukaan Distal Gigi Incisivus Tetap Pertama Rahang Atas

1.3.5.      Insisal
Edge insisal terletak di tengah tebal korona labio-palatal.
Wow(313).jpg
Gambar 1.5.  Permukaan Insisal Gigi Incisivus Tetap Pertama Rahang Atas



Tidak ada komentar:

Posting Komentar