Laman

*01. MUSH`AB BIN UMAIR*

📒 *SEMALAM BERSAMA 60 SAHABAT ROSULULLOH*🌌

*MUSH`AB SEBELUM BERDIEN  ISLAM*

Seorang pemuda yang tampan, cerdas, dan bersemangat,namanya sangat populer di kota mekah
Pemuda yang dimanja orang tuanya, hidup mewah, modis, favorit para gadis, menjadi bintang di tempat tempat pertemuan (spt selebritis)
Karena rasa penasaran yang tinggi, diam-diam mengikuti kajian ayat ayat Alloh  di rumah arqom bin abil arqom, sehingga fitrah beliau tergugah dan akhirnya masuk Dien islam.

*MUSH`AB SETELAH MASUK  DIEN ISLAM*

Rintangan yang paling berat dan dihadapi adalah ibunya, sehingga Mush`ab menyembunyikan identitasnya.
Atas izin Alloh identitas keislamannya mush`ab diketahui ibunya, sehingga mush`ab pun dikurung di dlm penjara.
Karena kecerdikannya Mush`ab berhasil meloloskan diri dari penjara dan hijrah ke habsyi sampai akhirnya kembali ke Mekah. Saat kembali ke Mekah ibunya bermaksud mengurungnya lagi, tapi pada akhirnya ibunya melepaskan mush`ab karena tekad yang kuat dari mush`ab yang ingin mengikuti rosululloh (perpisahan ini diiringi dengan derai air mata keduanya karena berbeda aqidah)
Dlm suatu pertemuan dg rosullulloh, terlihat mush`ab memakai baju usang penuh tambalan, berbeda dengan penampilannya sebelum  berdien islam.

*PERAN MUSH`AB DALAM PERJUANGAN MENEGAKKAN  DIEN ISLAM*

1. Beliau terpilih sebagai duta ke madinah bertugas menyiapkan Madinah agar menjadi basis hijrah Rosululloh dan pengikutnya,

Teknis:
a.   Pembinaan (membina warga yang telah komitment aqobah)
b. Pengembangan (berdawah dg cara mengunjungi rumah-rumah, kabilah-kabilah dan tempat tempat pertemuan). Hasilnya beberapa kepala kabilah bertaslim diikuti oleh seluruh kabilahnya). Berdakwah dengan bijak dan tenang walaupun pernah saat berdakwah ditodong tombak tapi mush`ab tetap tenang dan menyampaikan Ayat-ayat Alloh sehingga yang menodongkan tombak masuk islam.
2. Mengikuti perang badar dan perang uhud
3. Saat perang uhud, mush`ab adalah pembawa bendera perang. Saat perang berkecamuk, Mush`ab berusaha melindungi rosululloh,  musuh berhasil menebas tangan kanannya, bendera dipegang tangan kirinya. Ketika ditebas tangan kirinya, bendera diapit dua pangkal tangannya. Pada akhirnya tombak menembus badannya sehingga beliau wafat.
4. Jenazah mush`ab hanya ditutup oleh sehelai burdah, bila ditutup di kepala terlihat dua kakinya, bila ditutup kaki terlihat kepalanya.

*IBROH KARAKTER YG MENONJOL UNTUK DITELADANI :*

1. Apabila fitrah seseorang sudah tergugah dengan ayat-ayat Alloh, maka tidak ada yang bisa merintangi bagi seorang Hamba Alloh dalam menerima Dienulloh dan memperjuangkannya untuk meraih kemenangan (dunia: tegaknya dien Islam, akhirat: masuk syurga).
2.  Hanya Ayat-ayat Alloh yang terjiwai yang bisa menggugah fitrah ( dengan cara ber-Da`wah), sehingga orang kafir dengan sekuatnya menghalangi manusia untuk mendengarkan kandungan Al-quran.
3. Sikap Da`wah yang bijaksana, terencana, tdk emosional (kalem) dari seorang da'i sangat berpengaruh thd proses terhantarkannya hidayah kedalam hati lebah yang diproses.
4. Kepercayaan yang penuh kepada ALLOH, RosulNya dan Dien Islam, akan melahirkan : kesiapan ditugaskan, muncul kecintaan terhadap tugas, serta tanpa pamrih mengorbankan dirinya untuk membela Alloh, RosulNya dan Dien Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar